TUGAS TIK

1. Apa yang anda ketahui tentang isu-isu di sekitar pendidikan tinggi sesuai dengan kemajuan ilmu        pengetahuan dan teknologi  (IPTEK)?
2.  Bagaimana perkembangan pendayagunaan TIK didalam dunia pendidikan?
3. Jelaskan potensi TIK dalam pendidikan di sekolah atau di kampus!
4. Bagaimana hubungan pembelajaran di sekolah atau di kampus yang terintegrasi dengan TIK?
5. Konsep e-learning yang anda ketahui?
6. Uraikan peranan TIK sebagai : 
   a. Gudang ilmu pengetahuan
   b. Standar kompetensi
   c. Sebagai penunjang administrasi pendidikan
7. Buatlah format singkat pembelajaran TIK menggunakan media online atau website seperti blog?
8. Jelaskan diagram aktifitas pembelajaran yang anda ketahui!

Jawaban:

1. a. Globalisasi
    b. Kesenjangan pendidikan
    c. Reformasi pendidikan
          d. Multi-media
          e. pengembangan kemampuan mengajar

2. a. Menyadari TIK sangat penting umtuk pendidikan (emerging)
    b. Belajar menggunakan TIK (applying)
    c. Menggunakan TIK untuk belajar (integrating)
    d. TIK sebagai katalis reformasi (transforming)

3. TIK berpotensi :
  a. Memperluas kesempatan belajar. Dengan adanya TIK kita bisa belajar dimanapun dan kapanpun, bahkan yang tidak sekolah pun bisa belajar asal mereka mempunyai seperangkat teknologi informasi seperti handphone.
  b. Meningkatkan efisiensi. Dengan adanya TIK kita bisa mengefisienkan waktu, uang dan yang lainnya.
  c. Meningkatkan kualitas belajar. Dengan adanya TIK kita bisa mendapat berbagai ilmu pengetahuan sehingga dapat terwujud kualitas belajar yang baik.
  d. Meningkatkan kualitas mengajar. Dengan adanya TIK seorang guru dapat dengan mudah menyampaikan materinya apalagi jika penggunaan TIK nya dikemas sekreatif mungkin, itu akan membuat minat belajar siswa menjadi lebih tinggi.
  e. Memfasilitasi pembentukan keterampilan. Dengan adanya TIK dapat membuat siswa mempunyai bekal keterampilan di bidang ICT untuk menunjang masa depannya. 
  f. Mendorong belajar sepanjang hayat berkelanjutan. Dengan adanya TIK  kita dapat mendorong minat siswa untuk berkembang dan belajar setinngi-tingginya.
  g. Meningkatkan perencanaan kebijakan dan manajemen. Dengan adanya TIK kita akan lebih mudah untuk melakukan perencanaan kebijakan dan manajemen khususnya dalam bidang pendidikan. Misalnya untuk merencanakan kurikulum dan yang lainnya.
  h. Mengurangi kesenjangan digital. Dengan adanya TIK kita bisa mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial. Misalnya dalam akses, penggunaan dan dampak dari TIK sendiri, baik nasiaonal maupun internasional. 

4. a. Memungkinkan membuat jaringan yang efektif (Allows Effective Networking)
    b. Memungkinkan membuat kolaborasi yang efektif (Allows Effective Collaboration)
    c. Pemberdayaan dalam pembelajaran (Empowerment In Learning)
    d. Pendidikan dimana-mana (Ubiquitous Education)
          e. aksesibilitas yang efektif ke sumber daya (Effective Accessibillity To Resources)
f. memungkinkan pembagian sumber daya dengan mudah (Allows Easy Sharing of Resources)

5. E-Learning itu adalah metode pembelajaran dengan menggunakan media elektronik umtuk menyampaikan materi tanpa ada tatap muka disuatu kelas atau ruangan. Metode pembelajaran ini cukup efektif dan efisien karena dapat dilakukan dengan jarak yang sangat jauh. E-Learning ditunjang dengan beberapa konsep yaitu perangat teknologi informasi (seperti komputer,laptop atau handphone), perencanaan administarasi, manajemen dan ekonemi yang memadai

6. a. Gudang ilmu pengetahuan :
     1) Sebagai referensi ilmu pengetahuan terkini.
     2) Sebagai Manajemen pengetehuan. 
     3) Sebagai jaringan pakar beragam bidang ilmu. 
     4) Sebagai jaringan antar institusi pendidikan. 
     5) Sebagai pusat pengembangan materi ajar.
     6) Sebagai wahana pengembangan kurikulum.
     7) Sebagai komunitas perbandingan standar kompetensi. 
   b. Standar kompetensi :
     Untuk tingkat dasar
     1) Presentasi multimedia
     2) Penyusunan dokumen
     3) Kalkulasi tabulasi
     4) Manajemen berkas elektronik
     5) Komunikasi efektif
     6) Kolaborasi kelompok
     7) Cari referensi
     8) Manajemen data
     9) Kelola kebutuhan publikasi
   10) Catatan personal
    Untuk tingkat mahir
     1) Animasi multimedia
     2) Pengembangan aplikasi sederhana
     3) Manipulasi data dan informasi
     4) Ragam kolaborasi kelompok terpadu
     5) Pengembangan situs internet
     6) Kolaborasi terpadu dan kooperasi terpadu
     7) Pengembangan jejaring antar institusi
     8) Analisa data
     9) Manajemen akses jaringan
    10) Kelola program 
    11) Penyelenggaraan kelas maya
    12) Aplikasi permodelan

   c. Sebagai penunjang administarasi pendidikan: 
    1) Manajemen mahasiswa
    2) Manajemen dosen
    3) Manajemen kelas 
    4) Manajemen materi
    5) Manajemen eskul
    6) Administrasi kampus
    7) Sumber daya manusia
    8) Keuangan dan akuntansi
    9) Manajemen fasilitas

7.  Langkah-langkahnya :
  a. Sign in ke akun blog anda. (jika tidak punya buat akun dulu)
  b. Tentukan judul materi. 
  c. Buatlah standar kompetensinya. 
  d. Buatlah kompetensi dasar.
  e. Buatlah tujuan pembelajaran. 
  f. Buatlah alokasi waktu. 
  g. Buatlah materi pembelajarannya.
  h. Buatlah evaluasi soalnya.
  i. Lalu Publikasikan.

8. Diagram aktivitas pembelajaran adalah diagram yang menggambarkan berbagai rangkaian aktifitas. dimulai dari kurikulum - sarana fisik -konteks sosial - pembelajaran - praktek pembelejaran - keuntungannya.

Komentar

Postingan Populer