TUGAS TIK
1. Apa yang anda ketahui tentang isu-isu di sekitar
pendidikan tinggi sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)?
2. Bagaimana perkembangan pendayagunaan TIK didalam dunia
pendidikan?
3. Jelaskan potensi TIK dalam pendidikan di sekolah atau di
kampus!
4. Bagaimana hubungan pembelajaran di sekolah atau di kampus
yang terintegrasi dengan TIK?
5. Konsep e-learning yang anda ketahui?
6. Uraikan peranan TIK sebagai :
a. Gudang
ilmu pengetahuan
b. Standar
kompetensi
c. Sebagai
penunjang administrasi pendidikan
7. Buatlah format singkat pembelajaran TIK menggunakan media
online atau website seperti blog?
8. Jelaskan diagram aktifitas pembelajaran yang anda
ketahui!
Jawaban:
1. a. Globalisasi
b. Kesenjangan pendidikan
c. Reformasi pendidikan
b. Kesenjangan pendidikan
c. Reformasi pendidikan
d. Multi-media
e. pengembangan kemampuan mengajar
2. a. Menyadari TIK sangat penting umtuk pendidikan (emerging)
b. Belajar menggunakan TIK (applying)
c. Menggunakan TIK untuk belajar (integrating)
d. TIK sebagai katalis reformasi (transforming)
b. Belajar menggunakan TIK (applying)
c. Menggunakan TIK untuk belajar (integrating)
d. TIK sebagai katalis reformasi (transforming)
3. TIK berpotensi :
a. Memperluas kesempatan belajar. Dengan adanya TIK kita bisa belajar dimanapun dan kapanpun, bahkan yang tidak sekolah pun bisa belajar asal mereka mempunyai seperangkat teknologi informasi seperti handphone.
b. Meningkatkan efisiensi. Dengan adanya TIK kita bisa mengefisienkan waktu, uang dan yang lainnya.
c. Meningkatkan kualitas belajar. Dengan adanya TIK kita bisa mendapat berbagai ilmu pengetahuan sehingga dapat terwujud kualitas belajar yang baik.
d. Meningkatkan kualitas mengajar. Dengan adanya TIK seorang guru dapat dengan mudah menyampaikan materinya apalagi jika penggunaan TIK nya dikemas sekreatif mungkin, itu akan membuat minat belajar siswa menjadi lebih tinggi.
e. Memfasilitasi pembentukan keterampilan. Dengan adanya TIK dapat membuat siswa mempunyai bekal keterampilan di bidang ICT untuk menunjang masa depannya.
f. Mendorong belajar sepanjang hayat berkelanjutan. Dengan adanya TIK kita dapat mendorong minat siswa untuk berkembang dan belajar setinngi-tingginya.
g. Meningkatkan perencanaan kebijakan dan manajemen. Dengan adanya TIK kita akan lebih mudah untuk melakukan perencanaan kebijakan dan manajemen khususnya dalam bidang pendidikan. Misalnya untuk merencanakan kurikulum dan yang lainnya.
h. Mengurangi kesenjangan digital. Dengan adanya TIK kita bisa mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial. Misalnya dalam akses, penggunaan dan dampak dari TIK sendiri, baik nasiaonal maupun internasional.
b. Meningkatkan efisiensi. Dengan adanya TIK kita bisa mengefisienkan waktu, uang dan yang lainnya.
c. Meningkatkan kualitas belajar. Dengan adanya TIK kita bisa mendapat berbagai ilmu pengetahuan sehingga dapat terwujud kualitas belajar yang baik.
d. Meningkatkan kualitas mengajar. Dengan adanya TIK seorang guru dapat dengan mudah menyampaikan materinya apalagi jika penggunaan TIK nya dikemas sekreatif mungkin, itu akan membuat minat belajar siswa menjadi lebih tinggi.
e. Memfasilitasi pembentukan keterampilan. Dengan adanya TIK dapat membuat siswa mempunyai bekal keterampilan di bidang ICT untuk menunjang masa depannya.
f. Mendorong belajar sepanjang hayat berkelanjutan. Dengan adanya TIK kita dapat mendorong minat siswa untuk berkembang dan belajar setinngi-tingginya.
g. Meningkatkan perencanaan kebijakan dan manajemen. Dengan adanya TIK kita akan lebih mudah untuk melakukan perencanaan kebijakan dan manajemen khususnya dalam bidang pendidikan. Misalnya untuk merencanakan kurikulum dan yang lainnya.
h. Mengurangi kesenjangan digital. Dengan adanya TIK kita bisa mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial. Misalnya dalam akses, penggunaan dan dampak dari TIK sendiri, baik nasiaonal maupun internasional.
4. a. Memungkinkan membuat jaringan yang efektif (Allows Effective Networking)
b. Memungkinkan membuat kolaborasi yang efektif (Allows Effective Collaboration)
c. Pemberdayaan dalam pembelajaran (Empowerment In Learning)
d. Pendidikan dimana-mana (Ubiquitous Education)
b. Memungkinkan membuat kolaborasi yang efektif (Allows Effective Collaboration)
c. Pemberdayaan dalam pembelajaran (Empowerment In Learning)
d. Pendidikan dimana-mana (Ubiquitous Education)
e. aksesibilitas yang efektif ke sumber daya (Effective Accessibillity To Resources)
f. memungkinkan pembagian sumber daya dengan mudah (Allows Easy Sharing of Resources)
5. E-Learning itu adalah metode pembelajaran dengan
menggunakan media elektronik umtuk menyampaikan materi tanpa ada tatap muka disuatu
kelas atau ruangan. Metode pembelajaran ini cukup efektif dan efisien karena
dapat dilakukan dengan jarak yang sangat jauh. E-Learning ditunjang dengan
beberapa konsep yaitu perangat teknologi informasi (seperti komputer,laptop
atau handphone), perencanaan administarasi, manajemen dan ekonemi yang memadai
6. a. Gudang ilmu pengetahuan :
1) Sebagai
referensi ilmu pengetahuan terkini.
2) Sebagai
Manajemen pengetehuan.
3) Sebagai
jaringan pakar beragam bidang ilmu.
4) Sebagai
jaringan antar institusi pendidikan.
5) Sebagai
pusat pengembangan materi ajar.
6) Sebagai
wahana pengembangan kurikulum.
7) Sebagai
komunitas perbandingan standar kompetensi.
b. Standar kompetensi :
Untuk tingkat dasar
Untuk tingkat dasar
1) Presentasi multimedia
2) Penyusunan dokumen
3) Kalkulasi tabulasi
4) Manajemen berkas elektronik
5) Komunikasi efektif
6) Kolaborasi kelompok
7) Cari referensi
8) Manajemen data
9) Kelola kebutuhan publikasi
10) Catatan personal
Untuk tingkat mahir
1) Animasi multimedia
2) Pengembangan aplikasi sederhana
3) Manipulasi data dan informasi
4) Ragam kolaborasi kelompok terpadu
5) Pengembangan situs internet
6) Kolaborasi terpadu dan kooperasi terpadu
7) Pengembangan jejaring antar institusi
8) Analisa data
9) Manajemen akses jaringan
10) Kelola program
11) Penyelenggaraan kelas maya
12) Aplikasi permodelan
2) Penyusunan dokumen
3) Kalkulasi tabulasi
4) Manajemen berkas elektronik
5) Komunikasi efektif
6) Kolaborasi kelompok
7) Cari referensi
8) Manajemen data
9) Kelola kebutuhan publikasi
10) Catatan personal
Untuk tingkat mahir
1) Animasi multimedia
2) Pengembangan aplikasi sederhana
3) Manipulasi data dan informasi
4) Ragam kolaborasi kelompok terpadu
5) Pengembangan situs internet
6) Kolaborasi terpadu dan kooperasi terpadu
7) Pengembangan jejaring antar institusi
8) Analisa data
9) Manajemen akses jaringan
10) Kelola program
11) Penyelenggaraan kelas maya
12) Aplikasi permodelan
c. Sebagai penunjang administarasi pendidikan:
1) Manajemen mahasiswa
2) Manajemen dosen
3) Manajemen kelas
4) Manajemen materi
5) Manajemen eskul
6) Administrasi kampus
7) Sumber daya manusia
8) Keuangan dan akuntansi
9) Manajemen fasilitas
2) Manajemen dosen
3) Manajemen kelas
4) Manajemen materi
5) Manajemen eskul
6) Administrasi kampus
7) Sumber daya manusia
8) Keuangan dan akuntansi
9) Manajemen fasilitas
7. Langkah-langkahnya :
a. Sign in ke akun blog anda. (jika tidak punya buat akun dulu)
b. Tentukan judul materi.
c. Buatlah standar kompetensinya.
d. Buatlah kompetensi dasar.
e. Buatlah tujuan pembelajaran.
f. Buatlah alokasi waktu.
g. Buatlah materi pembelajarannya.
h. Buatlah evaluasi soalnya.
i. Lalu Publikasikan.
8. Diagram aktivitas pembelajaran adalah diagram yang menggambarkan berbagai rangkaian aktifitas. dimulai dari kurikulum - sarana fisik -konteks sosial - pembelajaran - praktek pembelejaran - keuntungannya.
Komentar
Posting Komentar